Akhwat: 0813-1416-4545
Ikhwan: 0856-9212-7983
Bekam, Berita

Bekam Hadist Rasulullah: Metede Dan Manfaatnya

Bekam merupakan pengobatan yang sudah ada sejak 200 tahun sebelum masehi,sehingga bekam tergolong pengobatan yang sudah sangat lama namun Rasulullah merekomendasikan umatnya untuk berbekam bahkan beliau menyampaikan pengobatan bekam adalah pengobatan yang utama.

Beberapa hadist yang berkaitan dengan anjuran berbekam adalah sebagai berikut:

Diriwayatkan oleh Tirmidzi dalam sunannya (2053), Ibnu Majah (3478), dan Hakim (IV/212), bahwa Rasulullah bersabda: “Hendaklah kalian berbekam pada tengah qamahduah karena bisa menyembuhkan 72 penyakit”.

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah bersabda: “Sebaik-baik orang adalah yang melakukan bekam hingga mengeluarkan darah, meringankan tulang belakang, dan mempertajam penglihatan” .

Diriwayatkan oleh Thabrani,bahwasanya Rasulullah bersabda:”Hendaklah kalian melakukan pengobatan dengan hijamah di qamahduah, karena sesungguhnya hal itu merupakan obat dari tujuh puluh dua penyakit”.

Diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah bersabda,”Aku tidaklah berjalan di hadapan sekelompok malaikat pada malam ketika Aku diisro’kan,kecuali mereka berkata:Wahai Muhammad, perintahkanlah umatmu untuk berbekam!”.

Dalam Shohihul Bukhori dan Muslim,bahwa Rasulullah bersabda: “Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah bekam”.

Hadist yang berkaitan dengan waktu terbaik untuk berbekam adalah:

Diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah dari Anas: “Bahwasanya Rasulullah melakukan bekam di akhda’in dan di kahilnya pada hari ke 17, 19, dan 21″.

Dalam Sunan Abi Dawud, dari Abu Hurairah secara marfu’, Rasulullah bersabda: “Barangsiapa melakukan bekam pada hari ke 17, 19, atau 21 maka akan menyembuhkan berbagai penyakit”.

Titik – titik bekam yang anjurkan dan dilakukan oleh Rasulullah ( disebut titik sunah )  adalah:

1. Ummu Mughits ( puncak kepala)

Titik ini berada di kepala yang bertujuan menyembuhkan vertigo, pusing, stroke, hipertensi, sinusitis, glaukoma, stress, epilepsi, gangguan telinga, prolapsus uteri, prolapsus rekti dan gangguan jin.

  1.  Akhda’in

Titik ini berada di kedua leher bagian belakang yang bermanfaat  untuk menyembuhkan pusing, punggung & leher kaku, TBC kelenjar limfe, muka bengkak, gondongan, telinga mendengung, gangguan di tenggorokan dan sakit gigi.

  1.  Kahil

Titik ini berada di punuk, termasuk titik utama yang bermanfaat untuk menyembuhkan meningitis, asma,TBC, kejang & sakit kepala, kelumpuhan tungkai, peradangan sendi dan lutut, epilepsi, gangguan pada mata, gangguan pada jantung, nyeri otot leher & punggung dan hipertensi.

  1.  Katifain

Titik ini berada di kedua bahu, bertujuan menyembuhkan kolesterol, hipertensi, gangguan jantung, nyeri dan berat pada pundak, leher kaku, radang kelenjar susu, masuk angin, batuk pilek, dll.

  1.  Warik

Titik ini  ada di pinggang kanan dan kiri yang dapat menyembuhkan nyeri pinggang, gangguan kencing, diabetes, radang / batu ginjal, haid tidak teratur, impotensi, gangguan prostat, diare, keputihan, dll.

  1.  Betis

Titik pada betis ini terletak di tengah antara lekuk lutut sampai tumit, menyembuhkan urat terpilin, nyeri pinggang, sakit dalam tulang kering, beri-beri, semua cedera dan trauma, nyeri betis, hematuria,wasir dan nyeri tungkai bawah.

  1.  Dzohrul Qodami

Titik ini berada di punggung atas kedua kaki bertujuan menyembuhkan salah urat dan nyeri pada kaki, radang kelopak mata, nyeri kepala, sakit pinggang, kelemahan otot wajah, perut terasa penuh, pendarahan, mani encer, hernia, sakit punggung, radang testis, daerah iga sakit, mulut mencong, hipertensi dan sakit dada.

Beberapa penjelasan yang didasarkan pada hadist Rasulullah tersebut diatas, maka sudah semestinya kita menyambut baik dan melaksanakan bekam demi kesehatan yang merupakan nikmat kedua setelah iman.

Klinik / Rumah bekam Sunnah Mulia Banyuwangi mengapresiasi bekam sebagai alternatif pengobatan yang utama sehingga menjadikan warga Banyuwangi khususnya senantiasa sehat lahir batin sekaligus melaksanakan salah satu SUNNAH NABI yang insyaallah sehat plus berpahala.

MACAM-MACAM METODE BEKAM

Kalau bekam kering dapat menyembuhkan penyakit-penyakit ringan, maka bekam basah dapat menyembuhkan penyakit-penyakti yang lebih berat, akut, kronis ataupun yang degeneratif.

MACAM-MACAM METODE BEKAM

Ada beberapa metode pembekaman yang bisa dijadikan alternatif pengobatan. Disini kita akan perkenalkan beberapa metode tersebut secara ringkas;

“Bekam kering” (Hijamah Jaaffah), yaitu menghisap permukaan kulit dan memijat tempat sekitarnya tanpa mengeluarkan darah kotor. Bekam kering baik bagi orang yang tidak tahan suntikan jarum dan takut melihat darah. Kulit yang dibekam akan tampak merah kehitam-hitaman selama 3 hari atau akan kelihatan memar selama 1 atau 2 pekan. Bekam ini sedotannya hanya sekali dan dibiarkan selama 5 –10 menit.

Bekam kering ini berkhasiat untuk melegakan sakit secara darurat, atau digunakan untuk meringankan kenyerian urat-urat punggung karena sakit rheumatik, juga penyakit-penyakit penyebab kenyerian punggung. Bekam kering bermanfaat juga untuk terapi penyakit paru-paru, radang ginjal, pembengkakan liver/radang selaput jantung, radang urat syaraf, radang sumsum tulang belakang, nyeri punggung, rematik, masuk angin, wasir, dan lain-lain.

Jenis bekam inipun bias terbagi menjadi dua macam dengan dua macam cara yang berbeda:

Bekam Seluncur (Sliding Cupping): Yaitu metode bekam yang mana gelas bekam diseluncurkan di atas permukaan kulit yang rata (tidak tebal ototnya). Metode ini serupa dengan Guasha (cina), scrapping (inggris) atau kerokan (jawa), namun lebih aman karena tidak merusak pori-pori sebagaimana kerokan.

Bekam Cepat (Flash Cupping) atau Bekam Tarik: Yaitu metode bekam dengan cara tarik lepas – tarik lepas secara cepat pada bagian kulit yang sukar dibekam, atau apabila dibekam gelas cenderung jatuh. Area ini biasanya di sekitar wajah dan dahi.

“Bekam basah” (Hijamah Rothbah), yaitu pertama kita melakukan bekam kering, kemudian kita melukai permukaan kulit dengan jarum tajam (lancet) atau sayatan silet/pisau steril (surgical blade), lalu di sekitarnya dihisap dengan alat cupping set dan hand pump untuk mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh. Lamanya setiap hisapan 3 sampai 5 menit, dan maksimal 9 menit, lalu dibuang darah kotornya. Penghisapan tidak lebih dari 7 kali hisapan. Darah kotor berupa darah merah pekat dan berbuih. Dan selama 3 jam setelah dibekam, kulit yang lebam itu tidak boleh disiram air. Jarak waktu pengulangan bekam pada tempat yang sama adalah 4 minggu.

Bekam basah berkhasiat untuk berbagai penyakit, terutama penyakit yang terkait dengan terganggunya sistem peredaran darah di tubuh. Kalau bekam kering dapat menyembuhkan penyakit-penyakit ringan, maka bekam basah dapat menyembuhkan penyakit-penyakti yang lebih berat, akut, kronis ataupun yang degeneratif, seperti darah tinggi, kanker, asam urat, diabetes mellitus (kencing manis), kolesterol, dan osteoporosis.

TUJUAN BEKAM ANTARA lAIN:

– Bekam merupakan suatu pengamalan sunnah Nabi
– Penyembuhan penyakit
– Pencegahan penyakit
– Memulihkan dan meningkatkan system imuniti tubuh
– Membangkitkan saraf-saraf yang tidak aktif atau lemah
– Mengeluarkan racun dalam darah

BEBERAPA TITIK-TITIK BEKAM DAN KEAJAIBANNYA

– ‘Ala Ro’sun ( puncak kepala) : melancarlkan sirkulasi darah dibagian kepala. Bagi anda yang sering sakit kepala menahun, Vertigo, serangan sihir,stroke.

– Al- akhdain ( dua urat leher) : melancarkan darah ke bagian kepala. Bagi anda yang sering sakit kepala, p using, migrain, vertigo, daya ingat menurun

– Al- kaahil ( punduk ) : memperbaiki penglihatan. Bagi anda yang penglihatannya kabur dan mata sering lelah. Titik ini juga yang dimaksud Nabi sebagai titik ampuh untuk penyembuhan 72 penyakit.

– Al-katifain pundak ( bahu) : menormalkan tekanan darah , kadar asam, dan kolestrol. Bagi anda yang m,engidap penyakit hipertensi, asam urat, kolestrol dan sulit menahan emosi.

– Daerah Belikat : menormalkan kerja jantung dan pernapasan. Bagi anda yang mempunyai gejala berdebar-debar, mudah kaget, nafas pendek, mudah mengantuk, sulit tidur, dada kiri sakit bila di tekan.

– ‘Ala Warik ( di bawah tulang rusuk iga ) : menormalkan fungsi ginjal. Biasanya sering sakit pinggang dan ruas pangkal jari tangan terlihat gemuk.

– ‘Ala dzohril qodami ( kaki sebelah atas betis ) : melancarkan sirkulasi darah dibagian kaki. Gejala yang sering timbul adalah pegal, asam urat tinggi, stroke, kaki gajah. Indikasinya bisa dilihat dari kuku bergelombang , telapak tangan keras, biasanya telapak tangan ada bintik-bintik putih.

 

FAKTA KEHIDUPAN SEKARANG

– 1 dalam 4 orang akan mengidap KANKER/ PENYAKIT KRONIK

– Lebih dari puluhan juta rakyat Indonesia mengidap KENCING MANIS

– JUTAAN RAKYAT Indonesia dalam golongan OBESITI

– SAKIT JANTUNG merupakan pembunuh NOMOR 1 di dunia

– Kebanyakan orang mati dikarenakan STRESS

– Kebanyakan orang sakit karena “AIR MINUMAN”

– Lebih dari 14 juta penduduk Indonesia terkena penyakit DIABETES, dan diperkirakan tahun 2030 Indonesia diperkirakan bias mencapai 21,3 juta jiwa penderita diabetes dan menduduki urutan ke 4 di dunia

– Biaya kesehatan cukup tinggi, Rata-rata biaya kesehatan di Indonesia ± Rp. 5.000.000,- /th

– 80% professional, eksekutif, maneger, dan businesmen usia 30 – 45 Th yang bergaji 15 – 20 juta/bulan TERANCAM MISKIN, mereka terkena penyakit Degeneratif : jantung, liver, dan saudaranya.

Apa yang harus anda lakukan agar terhindar dari hal tersebut ?
THERAPY HOLISTIC SOLUSINYA
Dalam teori holistic, penyebab penyakit itu ada dua macam, yaitu :
Pertama: tubuh kemasukan toksid ( racun ) yang berlebihan.
Kedua : terjadinya kerusakan sel-sel pada organ-organ tubuh.
Untuk membersihkan racun dalam tubuh digunakan therapy bekam, sedangkan untuk memperbaiki sel-sel organ yang rusak yaitu dengan cara therapy herbal. Nah, inilah yang dinamakan Therapy Holistic. Apabila kedua masalah tersebut dapat diatasi, maka kesehatan seseorang insya Allah akan pulih kembali. Dalam pengobatan Nabi biasa melakukan Al-Hijamah, terkadang dengan Habbassauda’ karena dalam Habbassauda terdapat obat dari segala macam penyakit kecuali kematian. Nabi juga menggunakan Air Zam-Zam karena itu merupakan Air yang diberkati.

FAKTA ILMIYAH TENTANG BEKAM

Di ambil berdasarkan 300 penelitian yang dilakukan di Turki, Syiria, dan Jerman yang dilakukan oleh Dokter Muslim :
– Pada kasus darah tinggi, tekanan kembali menjadi normal
– Perbaikan irama jantung pada alat perekam jantung
– Penurunan kadar gula pada penderita kencing manis
– Peningkatan sel darah putih pada kasus infeksi paru-paru
– Penurunan asam urat
– Penurunan enzim liver dari kasus penyakit liver

TERNYATA DOKTER BARAT MENGAKUI KEAJAIBAN BEKAM
Dr. Miceel Reed Rach ( California ) : ia mengatakan bahwa bekam merupakan titik-titik berkhasiat sebagai panduan dalam perawatan diri dan panduan pengobatan umum. Dr. Kohler D ( 1990 ) jaringan ikat sebagai media fisik untuk menghantarkan energy pengobatan dengan Bekam. Dan Thomas Anderson juga seirama mengatakan bahwa ada 100 penyakit yang bisa diobati dengan Bekam. Dan penelitian yang terakhir ini sesuai dengan apa yang disabdajkan Nabi Muhammad SAW
“ Hendaklah kalian semua melakukan pengobatan dengan bekam ditengah tengkuk, karena sesungguhnya hal itu merupakan obat dari 72 penyakit ( HR. Thabroni )
Akhirnya…..
Mari kita kembali ke pengobatan Islami yang halalan thoyyiban.. Sehat itu bukan segala-galanya, tapi tanpa kesehatan semua seakan tiada arti.
Saatnya kedokteran Islam Bangkit………….
Saatnya menghidupkan kembali Sunnah Nabi SAW……

Silahkan beri pesan dan pendapat anada, terimakasih.

 

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Tanya aja! klik disini