Akhwat: 0813-1416-4545
Ikhwan: 0856-9212-7983
Bekam, Berita

Cara Mengobati Paru-paru Kering Secara Alami

Cara mengobati penyakit paru paru kering adalah langkah langkah yang dilakukan untuk proses penyembuhan gangguan pada paru paru .

Paru paru kering adalah kondisi dimana paru-paru sedang dalam keadaan kekurangan cairan yang letaknya diantara selaput pleura yang berujung munculnya inflamasi dan mengganggu kelancaran jalan nafas.

PENYEBAB PARU-PARU KERING

Munculnya penyakit paru paru kering dapat disebabkan karena faktor lingkungan yang tidak steril atau akibat gaya hidup buruk yang mencederai organ paru paru.

CARA MENGOBATI PARU-PARU KERING

Cara mengobati penyakit paru paru kering secara medis atau alami tidak akan menghasilkan hasil maksimal jika si penderita tidak mau mengubah kebiasaan dan gaya hidup buruknya.

Misalnya:

  1. Lingkungan Kotor

Beradaptasi dan suka beradaptasi dengan lingkungan yang penuh dengan polusi udara seperti debu, Asap kendaraan, Asap rokok atau asap pembuangan sampah.

2. Gaya Hidup Yang Buruk 

Gaya hidup tidak sehat meliputi kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol dalam jangka panjang

 3. Penggunaan Obat-Obatan

Penyalahgunaan obat obatan terlarang atau penggunaan obat obatan warung atau yang dijual bebas secara terus menerus tanpa resep dokter

      4. Masuknya Partikel halus Berbahaya

Masuknya partikel halus kedalam paru paru melalui rongga mulut dan hidung, Seperti serbuk logam, Zat kimia dan lain lain

 5. Penyakit Gen

Memiliki riwayat penyakit genetika autoimun yang memungkinkan terjadinya penyakit paru paru kering misalnya penyakit kanker paru, Tetapi si penderita tidak pernah mau berusaha untuk mempertahankan paru parunya agar selalu dalam kondisi terbaiknya.

      6. Adanya Infeksi

Adanya infeksi yang terjadi didekat organ paru atau justru terjadi di dalam organ paru paru yang tidak kunjung sembuh sehingga menyebabkan paru paru kekurangan cairan.

Kondisi ini muncul karena si penderita tidak sigap untuk segera mengatasinya dengan penanganan medis atau cara alami.

CIRI-CIRI PENYAKIT PARU-PARU KERING :

  • Terserang sakit kepala yang muncul sewaktu waktu atau justru berkepanjangan
    • Nafas berat, Berbunyi dan dada terasa sakit
    • Demam dan menggigil
    • Berkeringat dingin
    • Ulu hati tidak nyaman hingga menyebabkan mual mual
    • Batuk batuk dan sesak nafas atau nafas pendek
    • Tubuh gampang merasa capek dan lemas
    • Hilangnya selera makan dan penurunan berat badan
    ?kesulitan tidur karena dada semakin sakit saat malam hari.

PENYAKIT YANG BERHUBUNGAN DENGAN GANGGUAN JALAN NAFAS

  • ASMA
    Asma merupakan penyakit yang muncul akibat adanya penyempitan saluran pernafasan bagian atas yang bisa muncul akibat alergi, Genetika dan lain lain.
  • BRONKITIS
    Tanda tanda bronkitis adalah penyakit paru yang disebabkan karena infeksi bakteri yang diawali dengan batuk, Sesak nafas dan dada terasa nyeri
  • PNEUMONIA
    Pneumonia adalah Penyakit yang berhubungan dengan peradangan organ paru yang disebabkan oleh bakteri dimana gejala pneumonia adalah dada sangat sakit saat terbatuk.

Bakteri menyerang dinding paru sampai memproduksi jejak berupa kantong kantong yang berisikan cairan infeksi

  • TUBERKULOSIS
    Tuberkulosis adalah penyakit paru paru akibat serangan infeksi bakteri tuberkulosis yang menyerang sistem pernafasan dan peradangan paru paru.
  • EDEMA PARU-PARU
    Edema paru-paru adalah penyakit paru paru yang muncul akibat penggumpalan atau penumpukan cairan infeksi pada area paru yang menyebabkan seseorang kesulitan bernafas.
  • KANKER PARU-PARU
    kanker paru merupakan salah satu penyakit yang dapat mudah menyebabkan dehidrasi berat pada organ paru paru , Karena secara medis tumbuhnya sel kanker pada jaringan instersisial paru paru beresiko menyebabkan paru paru menderita kering / kurang cairan.

PENGOBATAN PARU-PARU KERING

Tips cara mengobati penyakit paru paru kering pada anak , Dewasa dan orangtua :

  • KULIT MANGGIS

Salah satu khasiat Kulit manggis bagi kesehatan adalah dapat mengobati penyakit paru paru.

Kulit manggis dapat dipotong menjadi beberapa bagian lalu dicuci untuk kemudian direbus hingga matang lalu setelah dingin, Air rebusan tersebut dapat disaring untuk kemudian diminum langsung atau bisa ditambahkan garam dan madu agar rasanya tidak terlalu getir.

Kulit manggis paling banyak digunakan oleh pengobatan alternatif sebagai metode atau cara mengobati penyakit paru paru kering yang menyerang segala usia.

  • DAUN SIRSAK

Cara mengobati penyakit paru paru kering bisa dengan menggunakan beberapa lembar daun sirsak .

Manfaat daun sirsak sangat istimewa karena didalamnya memiliki senyawa penyembuh yang dapat melindungi fungsi dan jaringan paru agar terhindar dari kekeringan akibat peradangan dalam jangka panjang jika rajin minum rebusan daun sirsak yang telah ditambahkan gula aren dan perasan jeruk lemon.

Tetapi penggunaan daun sirsak yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping daun sirsak yang sangat berbahaya bagi kesehatan organ tubuh lain.

  • DAUN PEGAGAN

Daun pegagan bisa direbus bersama parutan jahe hingga mendidih lalu dinginkan kemudian siap disaring dan tambahkan sedikit dengan madu secukupnya.

Minumlah 2 kali sehari untuk mengurangi efek inflamasi pada paru-paru sekaligus untuk melindungi paru paru dari kekeringan

  • BUNGA SEPATU

Bunga sepatu dapat ditumbuk hingga halus lalu tambahkan garam .

Kedua bahan yang telah menjadi satu ini dituang kedalam satu gelas yang berisi air panas matang, Tunggu hingga hangat lalu saringlah untuk kemudian diminum 2 kali sehari secara teratur.

  • KUNYIT

Kunyit adalah salah satu bumbu masakan yang mengandung zat antiseptic, Anti mikroba dan anti virus yang kuat dalam melindungi sel sel tubuh dan kesehatan jaringan paru paru.

Kunyit dapat diperas airnya dan tambahkan air panas sedikit dan tambahkan madu secukupnya atau gabungakan dengan perasan air lemon.

Ramuan nikmat ini mampu mengurangi efek sakit pada dada saat batuk .

Namun penggunaan kunyit hendaknya dengan bijak dan disesuaikan dengan
kebutuhan karena jika berlebihan dalam jangka panjang maka efek samping kunyit wajib diketahui agar tidak menimbulkan keluhan kesehatan lain.

  • BUNGA ROSELLA

Bunga rosella merupakan bunga istimewa yang bisa dijadikan cara mengobati penyakit paru paru kering yang terbukti mampu menyembuhkan.

Segenggam bunga rosella dapat direbus hingga airnya benar benar berwarna merah.

Dinginkan lalu saringlah, Sebelum dikonsumsi hendaknya tambahkan madu agar rasanya semakin nikmat.

Agar manfaat dari bunga rosella dapat segera terwujud hendaknya hindari efek samping bunga rosella bagi kesehatan organ tubuh lain yaitu dengan cara mengkonsumsinya tidak lebih dari 2 kali sehari .

  • MADU ASLI

Madu murni atau madu asli memiliki kandungan nutrisi yang sangat komplek meliputi zat anti oksidannya yang sangat tinggi yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka penyebab berkurangnya cairan pada paru paru.

  • DAUN CIPLUKAN

Salah satu khasiat daun ciplukan untuk kesehatan adalah untuk menyembuhkan kondisi paru paru yang kering akibat peradangan oleh bakteri.

Daun ciplukan dicuci berulang kali hingga benar benar bersih.

Rebuslah hingga mendidih lalu saringlah airnya.

Setelah air dingin baru bisa diminum sebanyak 2 kali sehari secara rutin.

  • LEMON DAN MADU

Potongan lemon yang dilarutkan ke dalam segelas air hangat matang dan ditambahkan dengan madu sesuai selera merupakan salah satu cara mengobati penyakit paru paru kering yang bisa diterapkan pada anak, Dewasa dan orangtua 2 hingga 3 kali sehari sampai gangguan paru paru sembuh.

Ramuan nikmat ini bisa terus dikonsumsi walaupun penyakit paru paru kering dinyatakan sembuh total karena lemon dan madu aman dikonsumsi dan tanpa efek samping.

  • KUNYIT DAN JAHE

Salah satu cara mengobati penyakit paru paru kering adalah memanfaatkan khasiat dari Kunyit dan jahe secara bersamaan, Kunyit dan jahe merupakan bumbu masakan yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh termasuk menyehatkan jaringan paru dan melancarkan sistem pernafasan.

Kondisi paru paru kering dapat diatasi dengan minum ramuan kunyit dan jahe secara rutin 2 kali sehari, Kunyit dan jahe bisa diparut untuk diambil sarinya.

Tuangkan pada segelas air hangat matang dan sedikit madu atau gula aren yang sebelumnya telah dihaluskan.

  • TERAPI UAP

Penguapan dilakukan agar paru paru kembali normal dan terhindar dari kekeringan .

Uap yang terhirup melalui rongga hidung dapat menghangatkan paru paru dan mengurangi inflamasi sehingga pernafasan lancar kembali.

Gunakan baskom yang berisi air panas lalu menunduklah dengan menutup seluruh kepala menggunakan handuk.

Hiruplah uap air panas perlahan lahan berulangkali sampai kondisi paru paru terasa lebih nyaman.

  • TEH HIJAU DAN LEMON

Teh hijau mengandung zat anti penuaan dan antioksidan yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh melalui keringat dan air seni(air kencing)

Teh hijau juga memiliki kemampuan melawan radikal bebas yang telah terkontaminasi dengan bakteri, Virus dan parasit penyebab munculnya gangguan paru paru.

Gabungan antara teh hijau dan irisan jeruk lemon mampu menggandakan manfaat bagi kesehatan paru paru.

  • AIR KELAPA HIJAU

Air kelapa hijau mengandung zat anti bakteri dan dapat dijadikan detoksifikasi atau penawar racun dalam tubuh.

Paru paru yang terkena peradangan dan menimbulkan kekeringan maka akan ada racun yang melekat di dinding paru paru hasil dari jejak yang ditinggalkan bakteri atau virus.

Untuk mengeluarkan racun dalam tubuh termasuk zat kimia penyebab paru paru luka minumlah air kelapa hijau satu kali dalam sehari setiap hari.

Semoga bermanfaat..?

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Tanya aja! klik disini