Akhwat: 0813-1416-4545
Ikhwan: 0856-9212-7983
Bekam, Bekam di BSD Serpong, Bekam di Ciputat, Bekam di Pondok Aren, Bekam di Pondok Indah, Berita, Bintaro, Ciledug, Jurangmangu Barat

Jenis, manfaat Dan Titik-titik Bekam

Secara bahasa bekam adalah teknik terapi pengobatan dengan jalan membuang darah kotor ( sel darah yang telah rusak ) dari dalam tubuh melalui permukaan kulit dengan sayatan pisau atau jarum steril. Perkataan Al Hijamah berasal dari istilah bahasa arab Hijamah yang berarti pelepasan darah kotor. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan cupping, dan dalam bahasa melayu dikenal dengan istilah bekam. Di Indonesia dikenal pula dengan istilah kop atau cantuk.

Sejarah bekam dimulai pada zaman Rasulullah, ini bisa dibuktikan pada salah satu hadist dari Ibnu Umar, r.a bahwa Rasulullah SAW, bersabda:

“Tidaklah aku melalui satu dari langit-langit yang ada melainkan Para Malaikat, mengatakan: “Hai Muhammad, perintahkan umatmu untuk berbekam. Karena sebaik-baik sarana yang kalian pergunakan untuk berobat adalah bekam, al-kist (cendana india) dan syuniz (jintan hitam)”.

Bekam dipercaya dan terbukti mempunyai manfaat dan dapat mengobati berbagai macam penyakit dengan metode pengobatan menggunakan sarana cawan, kop, tabung, atau bambu yang prosesnya diawali dengan melakukan pengekopan ( membuat tekanan negatif dalam cawan, kop, tabung, atau bambu) Dengan melakukan penghisapan atau vakumisasi maka terbentuklah tekanan negatif didalam cawan/ kop, sehingga terjadi drainase cairan tubuh berlebih (darah kotor) yang diikuti toksin, menghilangkan perlengketan / adhesi jaringan ikat dan akan mengalirkan darah “bersih” ke permukaan kulit dan jaringan otot yang mengalami stagnasi serta merangsang sistem syaraf perifer, menimbulkan efek analgetik, anti bengkak, mengusir patogen angin dingin maupun angin lembab, mengeluarkan racun, serta oxidant dalam tubuh. Pada teknik bekam basah, setelah terjadi bendungan lokal, prosesnya dilanjutkan dengan penyayatan permukaan kulit memakai pisau bedah atau penusukan jarum bekam agar darah kotor bisa dikeluarkan.

Bekam baik dari segi medis maupun segi sunnah.

Dari segi medis

Melalui bekam darah kotor / toksin dapat langsung dikeluarkan melalui permukaan kulit.Semakin banyak toksin yang dikeluarkan dari dalam tubuh maka darah yang bersih akan menjadilebih banyak sehingga makanan dan oksigen yang dihantarkan ke organ tubuh akan sampai dansecara perlahan tubuh dapat menjadi sehat.

Kemudian dari kajian ilmiah darah bekam , diperoleh bahwa sel darah merah bentuknyasudah tak lagi utuh dan jumlah leukosit berkurang dari yang seharusnya

Keistimewaan lainnya adalah bahwa orang yang berbekam sel darah putihnya akan meningkat

Dari Segi sunnah

Bekam adalah pengobatan terbaik dari segi sunnah dijelaskan dengan adanya hadits -hadits dan point bekam.

Rasulullah Shallallahu

‘alayhi wa Salam bersabda :”

Sesungguhnya pengobatan paling utama yang kalian gunakan adalah bekam ” 

(hadits shohih)

Dalam riwayat Turmidzi dan Ibnu Mas’ud dari riwayat Bayhaqi :”

Sesungguhnya aku tidak berjalan di hadapan sekelompok malaikat pun pada malam ketika akudiisra’ kan kecuali mereka berkata ” wahai Muhammad perintahkanlah umatmu untuk berbekam” Dari Said bin Jubair , dari Ibnu Abbas ,

Secara teori manfaat ber Bekam dalam membantu proses penyembuhan dikarenakan dalam berbekam terdapat setidaknya 3 faktor “penyembuh”, yaitu :

  1. Pengeluaran darah kotor atau darah yang berpotensi mengandung toksin. Dengan dikeluarkannya toksin dan sel darah yang rusak atau tidak bagus kinerjanya maka tubuh akan lebih segar dan sehat.
  2. Perbaikan fungsi organ tubuh. Organ tubuh yang terganggu fungsinya akan disembuhkan dengan cara perbaikan jaringan dan sel yang ada padanya sehingga bisa berfungsi dan sehat kembali.
  3. Penambahan antibodi tubuh. Organ tubuh yang terinfeksi kuman penyakit dapat sembuh secara alami karena tubuh memproduksi zat antibodi yang bisa membunuh kuman penyakit yang merugikan. Jika organ tubuh sudah bebas dari infeksi penyakit maka tubuh pun akan sehat lagi.

Titik-Titik Bekam

  • TITIK AL-KATIFAIN

Lokasinya berada di Bahu Kiri dan Kanan.Khasiatnya untuk menyembuhkan keracunan danmelancarkan pembuluh darah kekepala dan tangan.

  • TITIK AL-WARIK

Lokasinya di Pinggul Kiri dan Kanan.Khasiatnya perbaikan syaraf ke organ Ginjal, Pankreas, Usus dan Organ Reproduksi jugamelancarkan perderan darah ke kaki.

  • TITIK PANGKAL PAHA

Lokasinya di Pangkal Paha dibawah Pantat Kiri dan KananKhasiatnya untuk melancarkan Peredaran Darah ke Kaki.

  • TITIK ILTIWA’

Lokasinya dibawah Mata Kaki sebelah dalam.Khasiatnya untuk Peredaran Darah dan Syaraf ke Mata Kaki dan sekitarnya.

  • TITIK DZOHRIL QODAMI

Lokasinya di Belakang Betis Kiri dan Betis Kanan.Khasiatnya untuk melancarkan Peredaran Darah dan syaraf ke Kaki.

  • TITIK TEMPURUNG KAKI

Lokasinya pada Tempurung Kaki kiri dan kanan.Khasiatnya untuk mengatasi masalah Haid, Sakit pada Paha, Betis, dll.

Jenis Bekam

Bekam kering atau bekam angin (Hijamah Jaaffah),

yaitu menghisap permukaan kulitdan memijat tempat sekitarnya tanpa mengeluarkan darah kotor.

Manfaat bekam

kering ini antara lain untuk melegakan sakit secara darurat ataudigunakan untuk meringankan kenyerian urat-urat punggung karena sakit rheumatik, juga penyakit-penyakit penyebab kenyerian punggung.

Bekam kering baik bagi orang yang tidak tahan suntikan jarum dan takut melihat darah. Kulit yang dibekam akan tampak merah kehitam-hitaman selama 3 hari.

Bekam basah (Hijamah Rothbah),

yaitu pertama kita melakukan bekam kering,kemudian kita melukai permukaan kulit dengan jarum tajam (lancet), lalu di sekitarnya dihisapdengan alat cupping set dan hand pump untuk mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh.Lamanya setiap hisapan 3 sampai 5 menit, dan maksimal 9 menit, lalu dibuang darah kotornya.Penghisapan tidak lebih dari 7 kali hisapan. Darah kotor berupa darah merah pekat dan berbuih.Dan selama 3 jam setelah di-bekam, kulit yang lebam itu tidak boleh disiram air. Jarak waktu pengulangan bekam pada tempat yang sama adalah 1- 3 minggu sekali.

Manfaat Bekam

Bekam tidak hanya berfungsi menyembuhkan, namun juga memiliki manfaat dalam hal pencegahan dari munculnya berbagai macam penyakit yang bisa menyerang manusiadikemudian hari.Bekam berfungsi untuk melancarkan system peredaran darah. Dalam hal penyembuhan,

Rasulullah SAW mengisyaratkan ada 72 macam penyakit yang bisa disembuhkan dengan berbekam diantaranya;

Masuk angin, darah tinggi, kolesterol tinggi, stroke, jantung, asam urat, rematik, migrein,vertigo, sakit gigi, mata, asma, biduran, radang ginjal, nyeri tulang belakang, nyeri lambung,wasir, mandul, liver, epilepsy, dll.Titik bekam pada umumnya adalah untuk meringankangangguan pada organ dan syaraf bila di-bekam pada tempat gangguan, terutama karenagangguan kelebihan darah atau darah kotor atau kedua-duanya.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Dengan rutin melakukan terapi bekam

kita bisa memetik manfaat bekam dalam kerangka menjaga kesehatan. Yang demikian itu mengikut cara Rasul dalam menjaga kesehatan.

 

 

 

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Tanya aja! klik disini