Akhwat: 0813-1416-4545
Ikhwan: 0856-9212-7983
Bekam, Berita

Lidah Buaya: Manfaat dan Kandungan Kimianya

Lidah buaya (Aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.

Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.

Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Selain itu, menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.

Salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti pencerap insulin-beta dan -substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta,[3] sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.

Di negara-negara Amerika, Australia, dan Eropa, saat ini lidah buaya juga telah dimanfaatkan sebagai bahan baku industri makanan dan minuman kesehatan.

Aloe vera/lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba dan 20 dari 22 jenis asam amino. Dalam penggunaannya untuk perawatan kulit, Aloe vera dapat menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit. Aloe vera juga mengandung asam folik yang melindungi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tubuh yang seringkali terefleksi pada kulit.[4] Dengan beragam manfaat yang terkandung dalam lidah buaya, pemanfaatannya kurang optimal oleh masyarakat yang hanya memanfaatkannya sebagai penyubur rambut.

Lidah buaya atau dalam bahasa latin dikenal dengan nama Aloe barbadensis Milleer atau orang lebih sering menyebutnya dengan aloe vera. Selain mempercantik halaman rumah Anda, fungsi lidah buaya ternyata juga menyimpan begitu banyak sala satu manfaatnya baik bagi kesehatan Anda dan keluarga. Tumbuhan yang satu ini bisa tumbuh subur di Indonesia sepanjang tahun. Aloe vera atau lidah buaya memiliki 200 bahan aktif, seperti vitamin, mineral, asam amino dan enzim yang membuat tumbuhan ini banyak dipakai sebagai bahan baku obat-obatan hingga cairan pencuci piring.

Tidak jarang Aloe Vera merupakan tumbuhan yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan kosmetika dan industri farmasi lainnya, selain itu lidah buaya bisa digunakan sebagai minuman dan juga sebagai makanan yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu lidah buaya cukup terkenal sebagai salah satu tanaman yang berkhasiat dan digunakan sebagai obat. Untuk mendapatkan khasiat lidah buaya, Anda bisa memanfaatkan tumbuhan ini secara langsung, atau memakai/mengonsumsi produk yang terbuat dari lidah buaya.

8 Fungsi Dan Khasiat Lidah Buaya Serta Manfaat Aloe Vera Bagi Kesehatan

Sebagai referensi, berikut ini ada berbagai fungsi dan khasiat lidah buaya serta manfaat aloe vera bagi kesehatan Anda dan keluarga yang harus Anda ketahui.

  1. Melembutkan Tangan

Seperti sudah dijelaskan diatas, lidah buaya merupakan salah satu bahan dasar yang paling populer digunakan untuk kosmetik karena memiliki banyak manfaat baik bagi kulit. Salah satunya adalah menghaluskan kulit wajah dan juga tangan. Hal ini karena lidah buaya mengandung 99% air sehingga sangat baik untuk melembabkan dan membuat kulit terlihat lebih muda. Aloe vera juga dapat meningkatkan elastisitas kulit serta mampu melembutkan kulit.

Menurut riset dari The Indian Journal of Dermatology, lidah buaya tidak hanya kaya akan vitamin A,C, dan E, tapi juga mengandung mineral dan antioksidan yang mengikat sel kulit untuk melembutkan laoisan luar dan memperbaiki kondisi kulit. Aloe vera ini bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kulit kering. Manfaat ini bisa didapat dari krim perawatan wajah yang mengandung aloe vera maupun cairan pencuci piring Sunlight Clean & Soft yang mengandung lidah buaya yang tidak hanya bersihkan noda lemak tetapi juga menjaga kelembutan tangan Anda.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Aloe vera memiliki manfaat anti mikroba yang bisa mengatasi infeksi pada kulit kepala dan mencegah kerontokan rambut. Tumbuhan ini juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan rambut. Tak heran jika saat ini ada banyak shampo berbahan dasar lidah buaya bukan! Selain itu, Anda bisa langsung mengaplikasikan lidah buaya segar ke rambut untuk mendapatkan manfaatnya.

  1. Mengobati Luka

Jika Anda memiliki tanaman lidah buaya di halaman rumah, bisa sekali menjadi pertolongan pertama jika terjadi luka atau sun burn. Kandungan polisakarida yang ada di dalamnya mampu mencegah infeksi pada luka dan menyembuhkan luka dengan lebih cepat tanpa bekas. Lalu terdapat pula kandungan anti bakterinya yang dapat mencegah infeksi sekunder yang biasa muncul pada luka bakar yang berkepanjangan dan efek antioksidan yang dimiliki lidah buaya dapat menghambat reaksi peradangan pada luka bakar. Lidah buaya juga bersifat analgesik, yaitu mampu mengurangi rasa perih karena luka. Tumbuhan yang satu ini juga sangat baik untuk mengobati luka bakar hingga gigitan serangga.

Namun, perlu diketahui bahwa penelitian yang pernah dilakukan sejauh ini membuktikan bahwa lidah buaya hanya mampu membantu penyembuhan luka bakar derajat 1 dan derajat 2, di mana luka bakar belum sampai menembus lapisan dalam kulit atau yang disebut dengan dermis. Anda bisa langsung mengambil lidah buaya segar untuk diletakkan di luka anak agar cepat sembuh.

  1. Membantu Mengatasi Jerawat

Wajah sedang bermasalah karena jerawat? Mungkin dengan Aloe Vera bisa dicoba. Karena Aloe vera mengandung asam salisilat alami yang berfungsi membunuh bakteri penyebab jerawat. Setelah membersihkan kulit, cobalah untuk mengaplikasikan lidah buaya ini untuk mendapatkan kulit bersih dan bersinar.

 

  1. Mempercepat Penyembuhan Sariawan Atau Luka Di Mulut

Tidak jarang kita mendapati mulut kita mengalami sariawan akibat tergigit, terluka saat menyikat gigi dengan keras, ataupun saat kita kekurangan vitamin C. Untuk mempercepat penyembuhan luka sariawan, anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai campuran saat berkumur atau langsung mengoleskan gel lidah buaya pada bagian yang mengalami luka. Kandungan vitamin C lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan sariawan. Selain itu, kandungan zat lupeol dalam lidah buaya bersifat sebagai antiseptik dan membantu mengurangi rasa nyeri di mulut.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Aloe vera mengandung polisakarida yang dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Aloe vera juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan virus dan bakteri. Serta Lidah buaya diketahui membantu penyerapan vitamin dan mineral esensial sehingga daya tahan tubuh meningkat. Untuk mendapatkan manfaat ini, jus lidah buaya atau minuman mengandung lidah buaya bisa jadi pilihan.

  1. Mengatasi Sembelit

Selain ampuh menjaga kesehatan kulit, lidah buaya dapat dikonsumsi untuk memberikan efek dari dalam tubuh. Salah satu manfaat mengkonsumsi lidah buaya yaitu mengatasi sembelit/konstipasi/susah buang air besar. Kali ini bukan efek dari gel lidah buaya yang dimanfaatkan, tetapi bagian korteks lidah buaya yang berada tepat di bawah kulit daun. Bagian korteks ini memiliki komponen yang disebut dengan aloin/barbaloin yang memiliki efek laksatif. Efek laksatif membuat lidah buaya dapat digunakan sebagai pencahar untuk melancarkan buang air besar. Aloin bekerja sebagai agen laksatif dengan meningkatkan pergerakan usus dan melunakkan feses (kotoran sisa pencernaan yang akan dikeluarkan).

  1. Menurunkan Berat Badan

Kabar baik bagi anda yang memiliki bobot tubuh berlebih, karena aloe vera juga dapat membantu anda menurunkan berat badan. Lidah buaya yang memiliki kandungan serat yang tinggi dapat membantu mengikat lemak dan melancarkan pencernaan sehingga proses penyerapan nutrisi berjalan dengan baik dan mencegah adanya penimbunan lemak. Konsumsi 147mg gel lidah buaya 2x sehari selama 8 minggu secara teratur untuk mendapatkan manfaat ini namun tetap harus diimbangi dengan olahraga dan makanan sehat.

Dengan banyaknya manfaat aloe vera bagi kesehatan Anda dan keluarga, tidak salah bukan jika Anda menaman tanaman yang satu ini di halaman rumah! Perawatan tumbuhan ini tidak sulit cukup dengan tanah yang kering, intensitas cahaya matahari yang cukup dan Aloe Vera mudah tumbuh subur jika disiram secara teratur, tetapi yang harus diingat bahwa Aloe Vera merupakan tanaman yang berdaging yang mampu menyimpan kadar air tinggi, jadi disiram sesekali saja atau bila tanah kelihatan sudah kering. Semoga bermanfaat!

Kandungan Kimia dan Analisis Lidah Buaya

Lidah buaya memang telah lama di juluki sebagai master healing plant.selain sebagai obat penyembuh berbagai jenis pnyakit kulit,tanaman yang tumbuh di tempat panas ini memiliki 350 spesies yang tersebar diseluruh penjuru dunia.
melihat kemampuannya sebagai penyembuh,lidah buaya kini banyak di tanam sebagai sala satu komoditi yang menjanjikan.sebagai tanaman serbaguna yang dapat di gunakan secara tradisional untuk pemeliharaan rambut dan penyembuhan luka,lidah buaya juga menjadi sumber gizi yang tidak bisa diremehkan.
kandungan gizi seperti kalsium (Ca),magnesium(Mg),potasium(K),sodium(Na),besi(Fe),zinc(Zn),dan kromium(Cr)di kombinasikan dengan beberapa unsur vitamin dan mineral dapat berfungsi sebagai pembentuk antioksidan alami, seperti vitamin C,vitamin E,vitamin A,Magnesium,dan zinc. Antioksidan ini berguna untuk mencegah penuaan dini, serangan jantung ,dan berbagai penyakit degeneratif.
Daun lidah buaya segar mengandung enzim amilase,catalase,cellulase,carboxypeptidase,dan sejumlah asam amino arginin,asparagin,asam aspartat,alanin,serin, valin,glutamat,treonin,glisin,lisin,prolin, hisudin,leusin dan esoleusin yang sangat di butuhkan oleh tubuh.
unsur-unsur yang di temukan pada daun lidah buaya juga menunjukkan adanya hubungan yang saling sinergis dalam mempertahankan integritas status antioksidan daqlam tubuh.Mengingat senyawa antioksidan potensial telah berhasil diisolasi dari ekstrak metanol aloe vera(Aloe Barbadensis Miller)dengan teknik kombinasi kromatografi(Column chromatography) dan kromatografi lapis tipis(thin layer chromatography).

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Tanya aja! klik disini