Akhwat: 0813-1416-4545
Ikhwan: 0856-9212-7983
Bekam, Berita

Manfaat cocor Bebek Untuk Kesehatan

 

Cocor bebek atau nama ilmiahnya Kalanchoe Pinnata adalah jenis tanaman herbal semusim yang memiliki karakteristik batang berupa segi empat, lunak, beruas, warna hijau. Cocor bebek, kerap diabaikan sebagai tanaman obat, umumnya orang lebih memakai tanaman cocor bebek sebagai tanaman hias, walaupun daun cocor bebek dapat dipakai sebagai obat untuk menangani sebagian penyakit.

Namun sayangnya, masyarakat hanya mengenal cocor bebek sebagai tanaman hias, padahal daun cocor bebek bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi beberapa penyakit.
Khasiat daun cocor bebek pernah diteliti oleh para peneliti dari Universitas Osaka, Jepang dan hasilnya daun cocor bebek mengandung senyawa yang sangat efektif untuk memusnahkan sel mutan penyebab kanker (Bryopgikkian A). Selain itu daun cocor bebek juga mengandung Vit. A, tannin, asam lemon dan asam apel. Daun cocor bebek juga banyak mengandung asam malat, damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat dan tanin.
Tanaman ini tumbuh liar di kebun serta tepi parit atau tebing yang berbatu. Tanaman ini gampang sekali tumbuh. Tunas daun yang ditanam demikian saja bakal tumbuh tunas serta akar baru dari pangkal daun. Akar serta tunas inilah yang bakal jadi tanaman cocor bebek yang baru.

Seluruhnya sisi dari daun cocor bebek ini dapat digunakan sebagai obat, tetapi orang semakin banyak memakai daunnya. Daun cocor bebek mempunyai karakter farmakologi sebagai anti radang, hentikan pendarahan, kurangi pembengkakan, serta mempercepat pengobatan pada luka-luka memar. Daun cocor bebek memiliki kandungan damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat, vitamin C, tannin, asam lemon, asam apel, serta glucoside.
Berikut ini beberapa manfaat cocor bebek untuk kesehatan.

1. Mengobati Nyeri Lambung

Cara pengobatannya :

Ambilah 5 helai daun cocor bebek
Haluskan dengan ditambah air secukupnya
Tambahkan sedikit garam
Saring jadi 2 gelas untuk diminum

2. Mengobati Sakit Gigi

Cara pengobatannya :

Siapkan 4-6 helai daun cocor bebek
Haluskan daun itu untuk ditempelkan di atas pipi gigi yang sakit

3. Mengobati Kesleo

Cara pengobatannya :

Ambilah 10 helai daun cocor bebek, lalu lumatkan
Tempelkan dibagian badan yang alami keseleo
Diamkan sepanjang 30 menit

4. Mengobati Wasir

Cara pengobatannya :

Tumbuklah hingga halus daun cocor bebek secukupnya
Keringkan hingga sebagaimana bubuk teh
Lalu, ambil 1 sdt bubuk itu lalu campur dengan 1 sdt madu
Seduhlah dengan air panas

5. Mengobati Amandel

Cara pengobatannya :

Ambilah 10 lembar daun cocor bebek
Lalu, lumatkan hingga keluar airnya
Tampung air yang keluar untuk berkumur

6. Mengatasi Muntah Darah

Cara pengobatannya :

Ambil tujuh lembar daun cocor bebek dilumatkan, tambahkan gula merah, tim serta minum pada saat hangat.

7. Menangani Radang Telinga Luar

Cara pengobatannya :

Pakai air perasan daun cocor bebek sebagai obat tetes telinga.

8. Obat Bisul

Cara pengobatannya :

Ambil 30–60 gr daun cocor bebek fresh serta dilumatkan, ambillah air lumatannya, tambahkan dengan madu serta diminum, bekas air lumatannya itu ditempelkan di bagian yang sakit.

9. Obat Kompres Demam

Cara pengobatannya :

Jika anak-anak demam, lumatkan 2–4 helai daun cocor bebek, serta tempelkan di dahi/kepala sebagai kompres untuk turunkan panas. Airnya dapat pula dioleskan sebagai kompres tubuh.

10. Obat Herbal Penyakit Asma

Cara pengobatannya :

Potong kecil-kecil daun cocor bebek, serta lalu keringkan. Sedu dengan air hangat serta imbuhkan madu seperlunya sebagaimana bila kita menjadikan air teh. Minum dengan cara teratur serta teratur untuk obati penyakit asma.

11. Obat Gigitan Nyamuk

Cara pengobatannya :

Lumatkan 5–10 helai daun cocor bebek serta peras airnya. Pakai airnya sebagai pengoles luka gigitan nyamuk. Kerjakan pengolesan sehari-hari hingga sisa luka gigitan menghilang.

12. Obat Anti Bakteri

Cara pengobatannya :

Daun cocor bebek bisa dipakai sebagai obat antibakteri. Luka memar serta luka terbuka (sebagaimana luka lantaran jatuh) bisa ditempel dengan daun cocor bebek yang telah dilumatkan. Ubah tiap-tiap sore sampai luka jadi kering.

13. Sendi Sakit (Rheumatik)

Cara pengobatannya :

Semua tanaman sosor bebek seberat 30 gr di rebus, minum air atau 4 lembar daun sosor bebek, 1 sendok teh adas, 1 jari pulosari, 2 jari gula enau, serta 3 gelas air. Seluruhnya bahan di rebus hingga jadi 3/4-nya, setelah dingin disaring, diminum 3 x satu hari @ 3/4 gelas.

14. Obat Nyeri Kepala

Cara pengobatannya :

Ambilah daun cocor bebek 10 lembar, lalu bersihkan yang bersih. Selepas itu giling hingga halus serta bubuhi air garam sekedarnya. Langkah memakainya yakni gosokan kombinasi itu pada dahi serta pelipis 1-2 kali satu hari sejumlah yang dibutuhkan. Atau Ambilah daun serta batang kangkung 1/2 genggam, daun cocor bebek 5 lembar. Selepas itu bersihkan bersih serta diasapkan sebentar. Makan sebagai lalap bersama sama juga dengan nasi 2-3 kali satu hari sejumlah yang dibutuhkan.

Yang harus diingat :

Kelebihan dosis pada pemakaikan dapat beresiko pusing dan muntah-muntah.
Jika dikonsumsi oleh wanita hamil dapat menyebabkan kematian pada janin.
Dilarang konsumsi herbal ini untuk pasien masalah manfaat pencernaan.
Untuk yang kulit peka sebaiknya waspada ketika memakainya lantaran dapat menyebabkan gatal serta melepuh.

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Tanya aja! klik disini