Akhwat: 0813-1416-4545
Ikhwan: 0856-9212-7983
Bekam, Berita

Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Tentu sebagai Orang Asia Tenggara Anda sudah mengenal baik dengan salah satu bumbu penyedap masakan ini. Bawang merah dengan nama latin (Allium cepa L) merupakan salah satu bumbu penyedap yang biasa digunakan oleh banyak orang di daerah asia tenggara. Bawang merah ini biasanya dimanfaatkan sebagai rempah pada masakan yaitu bagian umbinya dijadikan sebagai bawang goreang atau juga daunnya dalam penyedap masakan. Orang jawa biasanya menyebut bawang merah ini dengan nama brambang. Memiliki aroma yang tajam namun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bawang merah terbukti membawa banyak kebaikan bagi tubuh, mulai dari menyehatkan jantung, menurunkan berat badan, hingga mencegah kanker! Untuk lebih lengkapnya, yuk simak informasi manfaat bawang merah untuk kesehatan berikut ini.

Manfaat dan Khasiat Bawang Merah, sebagai Berikut :

1.Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menyerang kuman, virus maupun bakteri yang masuk dari luar tubuh. Kandungan selenium di bawang merah dipercaya dapat meningkatkan sistem imun di dalam tubuh, sehingga kita dapat terhindar dari penyakit.

2. Menyehatkan Jantung

Manfaat bawang merah yang sangat penting yaitu bisa menyehatkan jantung. Kandungan sufida methylallyl dan asam amino sulfur yang ada di dalam bawang merah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang terkandung dalam tubuh. Selain itu, bawang merah juga dapat mengontrol tekanan darah tinggi serta membuka arteri yang tersumbat.

3. Mengatasi Sembelit

Pernah merasakan susah buang air besar? Bawang merah adalah rempah yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Kandungan yang terdapat di bawang merah dapat membantu proses pembuangan racun oleh tubuh, sehingga pencernaan akan lebih lancar.

4. Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang seringkali terjadi karena infeksi atau peradangan pada tenggorokan. Jika suatu saat kamu mengalami radang tenggorokan, coba lah untuk mengkonsumsi bawang merah. Kandungan quercetin dalam bawang merah dipercaya dapat menurunkan radang.

5. Memperkuat Penglihatan

Selain wortel, ternyata bawang merah juga baik untuk mata lho. Kandungan sulfur pada bawang merah dapat merangsang produksi protein berupa glutathione yang mempunyai antioksidan. Selain itu, kandungan vitamin E pada bawang merah juga sangat baik untuk mata kita.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Khasiat bawang merah untuk tubuh selanjutnya adalah dapat meningkatkan kualitas tidur kamu di malam hari. Pasalnya, kandungan probiotik di bawang merah dapat mengurangi stres, sehingga kamu bisa tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Dengan begini, kamu akan bisa lebih semangat dalam beraktivitas.

7. Menurunkan Berat Badan

Jika kamu sedang ingin menurunkan berat badan, mungkin kamu bisa menambahkan bawang merah di menu diet kamu. Kandungan kromium yang terdapat di dalam bawang merah dapat membantu menurunkan berat badanmu. Untuk mendapat khasiatnya, rutin lah mengonsumsi 3-4 siung bawang merah per harinya.

8. Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang dapat berujung pada kematian. Bawang merah bisa membantu kamu untuk terhindar dari penyakit berbahaya ini. Bawang merah dapat mencegah terjadinya kanker, karena terdapatnya kandungan belerang dalam bawang merah. Senyawa aktif yang ada di dalam bawang merah dapat menghambat sel kanker yang ada di dalam tubuh.

9. Menurunkan Kadar Gula Darah

Selain mencegah kanker, bawang merah juga dapat membantu kamu terhindar dari penyakit diabetes. Jika kamu memiliki kadar gula darah tinggi, mungkin kamu harus mencoba untuk mengonsumsi bawang merah secara rutin. Pasalnya, kandungan sulfur pada bawang merah dipercaya dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

10. Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang merupakan salah satu hal terpenting di dalam tubuh yang bertugas untuk menopang tubuh kita. Untuk menjaganya, selain mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya kalsium seperti susu, memakan bawang merah ternyata juga dipercaya dapat mencegah osteoporosis, serta dapat menjaga massa tulang.

11. Mengatasi Sengatan Serangga
Sengatan Serangga biasanya menyebabkan rasa sakit atau gatal, ternyata bawang merah juga bisa mengatasi hal-hal tersebut seperti bekas gigitan nyamuk, sengatan tawon, lebah dan serangga lainnya selain itu dapat meredakan rasa sakit yang ditimbulkan dari sengatan tersebut

12. Kesehatan Rambut
Selain untuk tubuh, bawang merah juga bisa bermanfaat untuk kesehatan rambut dan mengatasi masalah pada kepala Anda seperti ketombe. Caranya bisa menggunakan jsu bawang merah yang digunakan setiap hari secara teratur dalam waktu tertentu sehingga rambut Anda dapat tumbuh dengan sehat dan juga dapat mengatasi ketombe pada kepada Anda.

13. Mengobati Jerawat
Beberapa sifat yang dimiliki oleh bawang merah adalah anti-inflamasi dan juga anti-bakteri yang berkhasiat dalam mengatasi jerawat Anda. Dengan menggunakan bawang merah Anda bisa menghentikan timbulnya peradangan pada bagian jerawat Anda, selain itu dapat membunuh bakteri yang menjadi penyebab timbulnya jerawat dan dapat menyembuhkan bekas jerawat pada kulit Anda.

Sekarang sudah tahu kan bahwa bawang merah ternyata memiliki banyak manfaat baik yang tak terduga untuk tubuh.

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Tanya aja! klik disini