Akhwat: 0813-1416-4545
Ikhwan: 0856-9212-7983
Bekam di Pondok Aren, Berita, Ciledug, Jurangmangu Barat

Manfaat Telur Ayam kampung

Telur ayam kampung adalah jenis telur yang kaya akan kandungan gizi. Selain itu telur ayam kampung mengandung asam amino yang sangat baik dan tidak dimiliki oleh telur unggas lainnya. Sehingga telur ayam kampung ini banyak sekali manfaatnya, terutama untuk kesehatan tubuh. Telur ayam kampung yang baik tentunya berasal dari ayam kampung yang dilepas secara liar. Jadi ayam kampung tersebut benar-benar mendapatkan makanan alami dan menghasilkan telur-telur yang kaya akan nilai gizinya.

Manfaat Telur Ayam Kampung  ternyata lebih ampuh untuk kesehatan. Hampir semua jenis telur dapat dikonsumsi dan memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Namun umumnya yang lazim dikonsumsi banyak orang ialah telur yang berasal dari unggas seperti ayam, bebek, angsa, beberapa jenis telur burung saja. Telur ayam saja terbagi juga atas 2 jenis yang diketahui secara umum oleh masyarakat yaitu telur ayam kampung dan telur ayam bras (ayam potong). Dari hasil sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan gizi dan nutrisi dalam ayam kampung lebih banyak dari pada ayam potong. Telur ayam kampung sebagai bahan makanan memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap dan sangat baik untuk dikonsumsi terlebih bagi anak-anak. Hal itu dikarenakan kandungan omega 3 yang baik bagi masa pertumbuhan anak.

Kandungan gizi yang terdapat dalam telur ayam kampung :

Energi 196 kkal

Protein 13 gram

Lemak 15,3 gram

Karbohidrat 0,8 gram

Kalsium 67 miligram

Fosfor 334 miligram

Zat besi 3,3 miligram

Vitamin A 231 IU

Vitamin B1 0,31 miligram

Manfaat telur ayam kampung mentah :

  1. Membuat jantung sehat.

Antioksidan yang terkandung dalam telur mentah sangat baik bagi kesehatan jantung. Kandungan Antioksidan dalam 2 butir telur ayam kampung, lebih banyak dua kali lipat dibandingkan sebuah apel. Bagi anda yang menderita penyakit jantung silahkan mencoba mengkonsumsi telur ayam kampung mentah.

  1. Mencegah penyakit kanker.

Telur memang sangat terkenal dengan kandungan nutrisinya. Tripofan dan tirosin adalah salah satu nutrisi yang terkandung dalam kuning telur mentah. Kuning telur mentah sangat berguna untuk zat antikanker.

  1. Menghasilkan sumber energi tambahan.

Telur mentah yang dikonsumsi dapat memberikan energi secara maksimal untuk tubuh. Telur ayam kampung mentah mengandung protein, karbohidrat, dan zat besi dibandingkan dengan telur yang sudah direbus atau digoreng. Seorang ahli nutrisi mengatakan, tubuh manusia tidak akan kesulitan untuk mencerna telur mentah tersebut karena enzim alami dalam telur yang membantu proses pencernaan.

  1. Membantu proses pembentukan otot.

Biasanya telur putih yang direbus sangat bagus untuk membentuk otot agar tampak lebih atletis. Mengkonsumsi telur ayam kampung mentah ternyata juga sangat ampuh untuk program diet.

  1. Bebas kolesterol dan lemak.

Bagi anda yang biasanya suka mengkonsumsi telur goreng, sebaiknya segar tinggalkan kebiasaan anda tersebut dan gantilah dengan mengkonsumsi telur mentah. Hal tersebut dikarenakan telur goreng mengandung lemak jenuh yang tinggi dan kolesterol. Nah, dalam telur mentah, kandungan berbahaya seperti kolesterol tidak ada sehingga jauh lebih sehat.

  1. Mencegah katarak dan kebutaan.

Penyakit mata seperti katarak ternyata dapat dicegah dengan mengkonsumsi telur ayam kampung mentah. Bagi para lanjut usia sangat dianjurkan mengkonsumsi telur mentah untuk mencegah kebutaan dan katarak.

  1. Mengubah suasana hati.

Manfaat telur ayam kampung mentah lainnya adalah untuk memperbaiki kondisi hati. Saat pikiran tidak menentu atau suntuk, cobalah untuk mengkonsumsi telur mentah. Senyawa pada kuning telur dapat merangsang hormon tertentu yang membuat suasana hati menjadi baik.

  1. Sangat baik untuk kesehatan pria.

Kandungan selenium yang terdapat dalam telur mentah dimana mineral selenium tersebut sangat dibutuhkan oleh pria dalam pembentuk dan kualitas sperma. Dalam satu butir telur hanya mampu memenuhi 10% dari kebutuhan selenium tubuh pria.

  1. Menyembuhkan gangguan paru-paru.

Mengkonsumsi telur mentah ternyata juga dapat menyembuhkan gangguan pada organ paru-paru. Sangat baik bagi penderita emphysema khususnya.

  1. Mencerahkan wajah.

Putih telur mentah ayam kampung memiliki kandungan yang lebih kental dibandingkan dengan telur lainnya. Putih telur ini sangat bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat pada kulit wajah. Sehingga dengan menggunakan putih telur mentah ini wajah akan lebih cerah dan bercahaya.

  1. Menghilangkan jerawat.

Putih telur mentah ternyata sangat bagus untuk dijadikan sebagai masker wajah yang berguna untuk menghilangkan jerawat berserta komedo. Sebaiknya untuk membuat masker putih telur mentah pilihlah telur dari ayam kampung yang masih segar dan bagus.

  1. Menjaga keindahan mata.

Kandungan karotenoid yang terdapat dalam telur mentah ternyata bermanfaat untuk memperindah dan mempercantik mata. Konsumsilah secara rutin kuning telur ayam kampung maka mata akan cantik dan sehat.

  1. Memberi kelembutan pada rambut.

Telur ayam kampung mentah berfungsi untuk menjaga kelembaban rambut. Kuning telur mentah dapat dijadikan sebagai masker rambut dan akan lebih maksimal jika dicampurkan dengan bahan pendukung lainnya yaitu alpukat.

  1. Mengatasi wajah kering.

Wajah yang kering memang sangat mengganggu penampilan, tidak hanya itu wajah kering akan terlihat kusam dan tak terawat. Dengan menggunakan telur mentah akan membantu wajah kembali segar dan sehat.

Mengkonsumsi telur tidak hanya dengan cara direbus dan digoreng, telur mentah pun boleh juga dikonsumsi. Telur mentah juga dapat digunakan untuk menjaga kecantikan, disamping bermanfaat baik bagi kesehatan. Namun sebaiknya jangan terlalu sering juga mengkonsumsi telur mentah karena juga akan memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan kita.

 

 

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Tanya aja! klik disini