Akhwat: 0813-1416-4545
Ikhwan: 0856-9212-7983
Bekam, Berita

Pengobatan Gurah

Suara emas bagi seorang sinden atau penyanyi adalah aset yang perlu dijaga. Salah satunya dengan terapi gurah yang bermanfaat membersihkan lendir dan kotoran di saluran napas. Bagaimana memilih terapi gurah yang aman?

Gurah adalah cara pengobatan tradisional untuk mengeluarkan lendir dari dalam tubuh dengan menggunakan ramuan herbal.

Dalam tradisi warga Imogiri, Bantul, Yogyakarta, gurah merupakan pengobatan tradisional yang dilakukan dengan meneteskan ekstrak daun Srigunggu (Clerodendron Serratum) ke mulut atau lubang hidung. Terapi ini sering dilakukan para sinden untuk menjaga kualitas suara agar tetap merdu.

Dalam perkembangannya, herbal yang digunakan tidak melulu daun Srigunggu. Beberapa terapis menggunakan jenis dedaunan dari tumbuhan berkhasiat lainnya, bahkan ada yang menggunakan bumbu-bumbu dapur seperti cabe dan kunyit.

Tujuannya juga mengalami perkembangan, dari yang semula untuk membersihkan tenggorokan kini semua organ yang menghasilkan lendir bisa dibersihkan. Tak terkecuali untuk vagina, gurah diklaim bisa mengatasi keputihan atau sekedar mengurangi lendir supaya sensasi ‘keset’ lebih terasa.

Soal keamanan gurah, praktisi pengobatan alternatif dari Sanjiwani Prima, Dipl Kfm Djohan Gozali Muda menjamin tidak ada efek samping selama bahan yang digunakan tidak sembarangan. Karena kadang-kadang pasien tidak tahu bahan apa yang digunakan serta melakukan di tempat-tempat yang kurang terpercaya.

“Pada prinsipnya gurah hanya membersihkan kotoran, kadang-kadang dengan herbal tertentu bakteri juga bisa dibasmi. Terapi ini tidak memberikan efek samping asalkan herbal yang digunakan tidak sembarangan,

Daun Srigunggu merupakan salah satu herbal yang paling banyak digunakan untuk gurah, karena memang dari ekstrak tanaman inilah terapi gurah berkembang. Khasiatnya juga sudah dibuktikan secara ilmiah dan banyak dibuat dalam bentuk suplemen kapsul gurah.

Penelitian yang membuktikan hal itu dilakukan tahun 2005, oleh Prof dr Soepomo Soekardono, SpTHT-KL(K) dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Dalam kesimpulannya disebutkan gurah dengan ekstrak daun srigunggu efektif meredakan gejala rinosinusitis kronis seperti ingus berlebih, bersin dan hidung tersumbat.

“Penelitian pada rhinitis khronis dengan memakai gurah menunjukkan bahwa sesudah digurah transport mukosilia melambat dibanding sebelum digurah dari hari kedua sampai hari kesepuluh,” ujar Prof Soedomo dalam sebuah rilis yang dikutip dari ugm.ac.id, Rabu (5/1/2011).

Sementara jenis-jenis gurah yang berkembang saat ini di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Gurah hidung
Dilakukan dengan cara meneteskan langsung ramuan gurah ke lubang hidung lalu pasien diminta tengkurap agar lendir kotor mengalir keluar. Jenis ini paling efektif dilakukan untuk membersihkan saluran napas termasuk untuk mengatasi gejala asma.

2. Gurah mulut
Untuk membersihkan lendir dan dahak di sekitar pita suara, ramuan gurah juga bisa diteteskan lewat mulut. Cara ini sama ampuhnya dengan gurah hidung karena di sekitar pangkal lidah terdapat percabangan antara saluran pernapasan dengan saluran pencernaan.

3. Gurah vagina
Menurut Pak Djohan, seorang terapis tidak melakukan gurah vagina melainkan hanya memberikan ramuan berikut instruksi atau petunjuk penggunaannya. Pasien akan memasukkan sendiri ramuan gurah (tersedia dalam bentuk padat bukan cair) ke dalam vagina untuk mengatasi keluhan lendir yang terlalu banyak maupun keputihan.

Manfaat Gurah

Penasaran apakah sebenarnya manfaat gurah untuk kesehatan? Simak uraian di bawah untuk mendapatkan jawaban terbaik tentang khasiat gurah dan bagaimana pengaruhnya terhadap tubuh.

Sebagian dari Anda mungkin belum tahu atau belum paham apa yang dimaksud dengan gurah. Gurah merupakan metode pengobatan tradidional yang bertujuan untuk mengeluarkan lendir dari dalam tubuh, khususnya saluran pernapasan melalui beberapa cara. Bagi Anda yang belum mengetahui manfaat gurah, simaklah uraian di bawah dengan seksama.

 

Perlu diketahui ternyata tak hanya saluran pernapasan saja yang dapat dilakukan metode gurah, tetapi juga organ lain seperti mata. Masing-masing perlakuan tentu memiliki manfaat yang berbeda. Bahan yang digunakan biasanya berasal dari alam atau yang biasa disebut dengan bahan herbal.

Manfaat Gurah Bagi Kesehatan

Segala bentuk pengobatan tentu ada manfaat dan juga efek sampingnya jika tidak sesuai dengan anjuran. Maka dari itu, perlu diperhatikan segala hal yang berhubungan dengan tata cara ataupun bahan yang digunakan untuk gurah. Berikut ini beberapa manfaat gurah yang perlu anda ketahui.

  1. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Racun yang ada dalam tubuh tentu memberikan dampak yang tidak baik. Hal tersebut dapat digambarkan dengan munculnya tanda-tanda fisik yang seringkali menimbulkan rasa sakit pada orang yang menyimpan racun dalam tubuh. Perlu Anda ketahui juga bahwa racun tersebut dapat terperangkap pada lendir yang ada dalam tubuh. Maka dari itu, salah satu cara untuk membuang racun yang ada dalam tubuh adalah dengan cara gurah.

  1. Manfaat gurah bagi paru-paru

Tahukah Anda bahwa gurah dapat memperbesar volume paru-paru? Hal tersebut sangatlah logis dan direkomendasikan untuk Anda. Tak sedikit orang yang telah melakukan pemeriksaan medis dinyatakan bahwa paru-parunya mengandung lendir. Hal demikian sangatlah berbhaya. Maka dari itu, cobalah untuk melakukan gurah demi mengeluarkan lendir dalam yang ada sehingga volume paru-paru semakin meningkat.

  1. Menyembuhkan sakit kepala

Sakit kepala sering terjadi pada semua kalangan, entah pelajar atau pekerja. Sakit kepala pada umumnya dirasakan seperti terdapat benda yang menusuk-nusuk pada bagian kepala. Telah banyak diketahui juga bahwa penyebab sakit kepala adalah adanya aliran darah yang tidak lancar. Namun demikian, tentu ada faktor lain yang mungkin mempengaruhi penyakit tersebut.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit kepala adalah dengan terapi gurah. Gurah yang merupakan metode pengeluaran lendir dalam tubuh tersebut terbukti ampuh untuk mengatasi keluhan sakit kepala yang bahkan banyak membuat orang menderita. Jangan lupa untuk mengkonsultasikan keluhan yang dihadapi terlebih dahulu kepada herbalis yang ahli dalam bidangnya.

  1. Membantu penyembuhan TBC

TBC dikenal sebagai penyakit saluran pernapasan yang sangat mudah untuk menular. Bagi orang yang menderita penyakit tersebut bahkan terpaksa harus diisolasi pada ruangan khusus demi mencapai kesembuhan. Hal tersebut tentu membutuhkan biaya yang terbilang mahal. Maka dari itu, banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara mengobati TBC tanpa harus melalui jalur medis.

Niscaya uraian ini adalah jawaban dari pertanyaan Anda. Ternyata gurah juga dapat mengurangi atau bahkan menyembuhkan penyakit TBC pada manusia. Pernyataan ini dapat dijadikan sebagai pedoman bagi Anda untuk menemukan obat yang tepat untuk penyakit TBC tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar seperti di rumah sakit. Dengan kesabaran dan keyakinan yang tinggi diharapkan agar hasil terbaik dapat diperoleh.

  1. Mengobati gangguan ginjal

Gangguan ginjal yang umum terjadi pada manusia adalah batu ginjal. Pengobatan herbal yang patut dicoba bagi Anda penderita batu ginjal adalah dengan melakukan gurah. Selain memecahkan batu ginal, gurah juga ternyata dapat menyehatkan organ kandung kemih dan juga melancarkan dalam pengeluaran urin dari dalam tubuh. Anda dapat meminta obat gurah alami kepada herbalis terdekat atau pihak yang benar-benar memahami metode pengobatan ini dengan baik, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Membantu mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi ataupun rendah kini menjadi hal sangat umum terjadi di kalangan masyarakat, baik menengah ke bawah ataupun menengah ke atas. Bukan hanya faktor konsumsi makanan ataupun gaya hidup, tetapi faktor lain yang jarang diketahui orang yang bersangkutan dapat menyebabkan permasalahan pada tekanan darah.

  1. Menjaga kesehatan rongga hidung

Poin ini tentu sangat dirasakan oleh mereka yang pernah melakukan gurah, baik untuk tujuan pengobatan ataupun kepentingan lain. Pada umumnya, gurah saluran pernapasan adalah dengan melalui hidung. Obat herbal yang digunakan untuk gurah dimasukkan melalui hidung dan lendir yang keluar juga melalui hidung. Mak dari itu, rongga hidung niscaya tetap terjaga bagi Anda yang secara berkala melakukan gurah sesuai anjuran herbalis.

  1. Menyembuhkan sakit tenggorokan

Bahasan ini berkorelasi dengan poin sebelumnya. Saluran pernapasan setelah hidung adalah tenggorokan. Maka dari itu, sebelum melalui hidung tentu lendir haru melalui tenggorokan pula untuk keluar dari tubuh. Gurah dapat membantu menyembuhkan sakit tenggorokan karena penyebab sakit yang mendiami tenggorokan ikut keluar bersama lendir, sehingga sakit niscaya semakin berkurang.

  1. Menjernihkan pikiran

Pikiran adalah hal yang terpusat pada kepala, khususnya otak. Otak yang terdapat pada kepala tentu memberikan respon tersekat kepada organ disekitarnya. Maka darin itu, ketika Anda harus berpikir keras cenderung akan menimbulkan sakit kepala ataun pusing yang berpusat di kepala juga. Gurah embantu Anda mengeluarkan lendir yang ada di sekitar kepala, sehingga diyakini bahwa pikiran akan semakin jernih dan kepala menjadi terasa ringan.

  1. Manfaat Gurah Suara Supaya Merdu

Hal tersebut merupakan manfaat yang paling umum diketahui oleh masyarakat. Banyak orang yang mengatakan bahwa apabila ingin memiliki suara lantang dan bagus maka perlu melakukan gurah. Anggapan awam tersebut memang benar adanya. Namun tak sedikit pula orang yang segan untuk melakukan gurah karena khawatir akan rasa sakit yang dikabarkan sangat luar biasa.

Gurah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas suara atau menjernihkan suara biasanya dilakukan pada organ pernapasan. Karena diketahui juga bahwa suara yang dihasilkan sangat berpengaruh pada kemampuan seseorang dalam mengolah napas. Begitulah manfaat gurah bagi suara yang dapat Anda peroleh. Lendir yang keluar kan membuat Anda lebih leluasa dalam mendendangkan hal-hal indah semacam lagu atau yang lainnya.

Banyak orang yang bertanya tentang obat gurah suara merdu dan bagaimana cara penggunaannya. Sangat disarankan bagi Anda yang sungguh-sungguh ingin melakukan gurah agar langsung menghubungi pihak yang paham betul akan cara melakukannya dan bahan yang digunakan, karena hal tersebut dirasa lebih aman daripada melakukan gurah tanpa arahan yang pasti.

Banyak sekali manfaat gurah yang sebenarnya sangat perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang masih ragu akan khasiat gurah atau khawatir tentang efek samping gurah, mungkin dapat mengkonsultasikannya terlebih dahulu. Tidak ada salahnya untuk bertanya kepada pihak yang telah merasakan gurah ataupun kepada sang ahli seperti herbalis secara langsung. Perlu diperhatikan juga sebenarnya apa permasalahan yang dikeluhkan sebelum memutuskan untuk melakukan pengobatan tradisional semacam ini. Semoga bermanfaat.

 

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Tanya aja! klik disini