Akhwat: 0813-1416-4545
Ikhwan: 0856-9212-7983
Bekam, Berita

Rempah-Rempah Untuk Daya Tahan Tubuh

KEYWORDS:
griya sehat royhaan,bekam bintaro,titik bekam,manfaat bekam,cara bekam,terapi bekam,pengobatan bekam,klinik bekam,bekam terpercaya,griya bekam,brc,pijat refleksi,ruqyah syariah,bekam di bintaro,bekam di jurangmangu,bekam di pondok aren,bekam di ciputat,bekam di ciledug,bekam di pamulang, bekam di tangerang,bekam di tangerang selatan

 

Rempah dan bumbu alami sering digunakan untuk membuat makanan terasa lebih sedap.

Pastinya Toppers tidak asing lagi dengan beberapa bumbu dapur ini seperti kunyit, lada, dan jahe. Di balik manfaat sebagai penyedap rasa, rempah-rempah juga memiliki khasiat untuk kesehatan juga, lho!

Sebagian besar dari rempah alami berasal dari Asia dan daerah Mediterania. Sebelum populer di pasaran, para penghuni sudah menggunakan rempah untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menghangatkan badan dari udara yang dingin.

Karena terbukti akan sifat anti-inflamasi dan anti-bakterinya, tidak jarang rempah-rempah juga dipakai dalam komposisi suplemen dan vitamin.

Di tengah musim pancaroba, pentingnya menjaga pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan bergizi. Keadaan tubuh yang tidak bugar berisiko terpapar berbagai penyakit berbahaya seperti virus COVID-19.

Yuk, cari tahu rempah untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang sudah didukung oleh sains dan terbukti efektif!

 

1. Kunyit

Kunyit atau dikenal juga dengan nama turmeric merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan di masakan Indonesia. Ciri khasnya yang berwarna kuning berasal dari dari bahan aktif curcumin.

Komposisi ini membuat kunyit sebagai salah satu rempah anti-inflamasi paling ampuh untuk melawan radikal bebas dan menghambat perkembangan sel tumor.

Dalam pengobatan Ayurveda, metode pengobatan tertua di dunia yang berasal dari India ini, kunyit digunakan sebagai obat andalan mereka sampai zaman ini, dari gangguan saluran pencernaan sampai masalah kulit.

Rempah untuk meningkatkan daya tahan tubuh ini lebih efektif saat dipadukan dengan makanan berlemak tinggi, seperti susu. Toppers bisa mengikuti resep minuman golden milk (turmeric milk) sebagai berikut:

Bahan-bahan:

1 sendok makan (sdm) kunyit

½ sendok teh (sdt) jahe

1 batang kayu manis

Susu sapi atau susu jenis lain (dari tanaman)

Lada secukupnya

1 sdm sirup maple

Cara membuat:

Campur 1 sdm kunyit, ½ sdt jahe, 1 stik kayu manis ke dalam susu (susu sapi / susu berbasis tanaman).

Didih dan aduk  campuran tersebut sekitar 5-10 menit atau sampai berwarna kuning dan kental.

Tambahkan lada (secubit) pada minuman dan saring.

Bisa ditambahkan 1 sdm madu atau sirup maple  untuk rasa yang lebih manis.

Minum 1-2 kali setiap hari untuk merasakan khasiatnya!

 

2. Buah Pala

Pala adalah jenis buah-buahan dan juga rempah yang kerap diolah sebagai manisan buah atau sebagai tambahan olahan makanan. Karena kandungan vitamin dan mineral yang tinggi, buah pala dapat memberikan beraneka ragam manfaat seperti mengatasi insomnia, mengendalikan tekanan darah, dan menjaga kesehatan kulit.

Bahan alami ini ampuh meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan penyakit respirasi yang aman digunakan pada anak-anak. Rasa khas bumbu pala ini cocok dipadukan dengan sarapan pagi kamu seperti oatmeal, susu hangat, dan smoothie sayuran maupun buah.

3. Kayu Manis

Rempah kayu manis memiliki aroma khusus sehingga sering digunakan dalam masakan. Mungkin Toppers sering mendengar minuman atau makanan pencuci mulut rasa cinnamon? Itu nama lain dari kayu manis. Selain rasa enaknya, kayu manis memiliki banyak khasiat untuk kesehatan kamu.

Dengan kandungan yang kaya akan magnesium, zat besi, dan potasium, tidak heran lagi mengapa kayu manis masuk ke dalam kategori rempah untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Bumbu alami ini juga dapat menstabilkan gula darah, sehingga cocok untuk penderita diabetes dan bahkan membantu menurunkan berat badanmu.

Untuk merasakan khasiatnya, Toppers bisa menaburkan bubuk kayu manis pada makanan atau meminum air rebusan kayu manis.

4. Jahe

Tanaman herbal asli Tiongkok ini mengandung zat yang ampuh menangkal berbagai virus loh! Bahan alami untuk meningkatkan daya tubuh ini memiliki properti antibakteri dan antimikroba untuk membantu tubuh melawan infeksi dan virus seperti flu dan batuk.

Jika dikonsumsi secara rutin, jahe juga sanggup melawan efek penuaan dan meningkatkan aktivitas otak.

Jahe dapat digunakan dalam bentuk akar, bubuk, maupun suplemen. Yuk, coba resep teh jahe dibawah ini untuk meningkatkan imunitas tubuh sehari-hari.

  • Campur 2 sdm jus lemon dengan 450 mililiter (ml) air matang
  • Tambahkan 2 sdm bubuk jahe atau 5 cm akar jahe
  • Didih air dan tambahkan 1 sdm madu jika diinginkan

5. Bawang Putih

Pastinya kamu tahu rasa dan aroma bawang putih yang khas dan sedap ini! Selain digunakan sebagai bumbu masakan, bawang putih sangat efektif melawan virus, lho!

Dalam sebuah studi, bawang putih terbukti meredakan gejala flu hampir sebesar 63%. Rutin mengonsumsi bawang putih dengan dosis tinggi juga dapat berpotensi melindungi tubuh dari logam berat beracun yang berbahaya bagi kesehatan organ tubuh.

Tahukah Toppers, bawang putih mentah berkhasiat lebih ampuh? Walau dapat memberikan bau mulut tidak sedap, kandungan antibiotik beserta vitamin C dan vitamin B paling tinggi ditemukan dalam bawang putih mentah.

Tapi, bukan berarti kamu tidak boleh memasak bawang putih. Yuk, tambahkan tanaman herbal ini di masakan sehari-hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu!

Masakan lebih nikmat dan gurih dengan bumbu masak terlengkap di sini!

6. Lada

Rempah tradisional ini kerap ditemukan di dapur dan meja restoran untuk menciptakan rasa lezat pada makanan. Tapi dibalik manfaat ini, lada hitam memiliki komponen aktif untuk menjaga sistem imun tubuh kamu.

Di kehidupan keseharian, tubuh kita rentan terhadap radikal bebas berbahaya dari asap rokok, polusi, maupun sinar matahari. Kelebihan radikal bebas ini berkaitan dengan inflamasi, penyakit jantung, dan bahkan kanker.

Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang kaya dalam rempah lada dapat berpotensi melawan radikal bebas dan memperbaiki kerusakan pada tubuh. Kamu bisa mulai menaburkan bumbu lada hitam dalam masakan atau minum satu gelas air lada setiap hari.

7. Licorice

Tanaman herbal licorice dikenal dengan rasa manis yang umumnya digunakan sebagai pemanis permen atau minuman. Selain rasanya, campuran air dan licorice sering dimanfaat untuk mengobati gangguan respirasi karena ampuh membebaskan saluran pernapasan dari dahak.

Licorice juga merupakan bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan flavonoid dan vitamin yang tinggi. Rempah licorice dapat dikonsumsi dalam bentuk bubuk, ekstrak cairan, maupun teh.

Namun, bagi penderita hipertensi sebaiknya menghindari rempah ini karena dapat memicu tekanan darah tinggi dan detak jantung tidak teratur.

8. Cabe Rawit

Siapa sih yang tidak tahu cabe rawit? Rempah-rempah kesukaan orang Indonesia yang digunakan sebagai bahan utama sambal. Tapi tahukah kamu akan manfaat cabe rawit untuk kesehatan?

Cabe rawit atau cayenne pepper digunakan sebagai obat herbal modern untuk berbagai jenis flu. Kandungan vitamin A and antioksidan yang tinggi berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan mengaktifkan sistem sirkulasi.

Rasa pedas cabe rawit yang menggoda juga memiliki manfaat anti-inflamasi loh! Selain itu, dalam sebuah riset, orang yang rutin mengkonsumsi cabe rawit memiliki saluran pencernaan yang lebih kebal terhadap bakteri dan virus.

9. Cengkeh

Cengkeh merupakan rempah-rempah serbaguna yang mudah ditemukan di Indonesia. Bahan alami ini sering ditaburi di dalam teh, daging, dan kue kering untuk penyedap rasa.

Karena kaya akan antioksidan, cengkeh digunakan sebagai bahan pokok obat gigi, pencernaan, dan flu berdahak. Seperti rempah-rempah sebelumnya, cengkeh efektif meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu menjauhkan kamu dari berbagai jenis virus penyakit.

10. Biji Karom

Biji karom atau Ajwain adalah obat tradisional yang cukup populer di kalangan para wanita untuk pemulihan rahim. Kamu bisa mengunyah ½ sdt biji karom atau mencampurnya dengan air garam hangat.

Karena efek pencahar, ramuan rempah ini sering dipakai untuk meringankan masalah pencernaan dan perut kembung.

Walau bentuknya yang kecil, biji karom tidak kalah dengan rempah lainnya loh! Kandungan nutrisi dan properti antioksidan obat herbal ini bisa memperkuat imunitas tubuh kamu.

Artikel diatas adalah beberapa rempah-rempah untuk daya tahan tubuh,  agar kita terhindar dari  virus yang sedang melanda di Indonesia dan sesering mungkin kita cuci tangan dan jaga kebersihan.

Silahkan artikel di ini di bagikan semoga bermanfaat untuk kita semuanya.

Assalamuallaikum……………..

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Tanya aja! klik disini