Akhwat: 0813-1416-4545
Ikhwan: 0856-9212-7983
Bekam, Berita

Tanaman Herbal untuk Daya Tahan Tubuh

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang khawatir hingga melakukan berbagai hal agar tidak mudah terinfeksi virus corona baru. Salah satu yang jamak dilakukan masyarakat Indonesia, yakni mengonsumsi jamu atau beberapa jenis tanaman herbal yang dianggap bisa meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. Ternyata, anggapan atau cara tersebut bukan hanya isapan jempol semata. Terkait Virus Corona Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengambangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Akhmad Saikhu, MSc. PH., menjelaskan ada beberapa jenis tanaman yang secara empiris dapat manfaat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga baik untuk mencegah infeksi virus corona.

Berikut ini daftanya:

1. Pegagan

Tanaman yang memiliki nama latin Centela asiatica merupakan tanaman tradisional yang mempunyai manfaat sebagai imunomodulator pada penyakit yang membutuhkan pertahanan sistem imun seluler maupun humoral. Kandungan senyawa glikosida triterpenoid dan asiaticoside dapat mempercepat perbaikan sel-sel kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh non spesifik.

2. Bawang putih

Tanaman dengan nama latin Allium sativum ini telah dikenal mempunyai banyak keunggulan, bawang putih ini juga memiliki fungsi dalam meningkatkan kekebalan yang mengesankan. Bawang putih mengandung allicin, sebuah komponen kuat yang dapat menghancurkan bakteri dan infeksi.

3. Temulawak

Tanaman dengan nama latin Curcuma xanthorrhiza Roxb. tersebut dikenal memiliki efek yang baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas tubuh. Temulawak mempunyai beberapa kandungan senyawa kimia yang terdapat pada rimpangnya.

4. Meniran

Tanaman dengan nama latin Phyllanthus niruri L. ini secara empirik dapat digunakan untuk beberapa keperluan, seperti: Pengobatan gangguan ginjal, Sariawan, Malaria, Tekanan darah tinggi, Peluruh air seni, Nyeri ginjal, Kencing batu, dan Gangguan empedu. Sebagai antidiare Sebagai antipiretik Dalam dunia farmasi, ekstrak meniran telah teruji secara klinis juga sebagai imunomodulator atau peningkat daya tahan tubuh.

5. Kunyit

Tanaman dengan nama latin Curcuma domestica Val tersebut terbukti mengandung zat aktif yang khas, yaitu curcuminoide dan ukanon jenis A, B, C dan D yang berfungsi merangsang daya tahan tubuh.

6. Temu Mangga

Tanaman dengan nama latin Curcuma mangga ini mempunyai aktivitas fagositosis terkuat dibandingkan empon-empon lain yang dikenal untuk meningkatka daya tahan tubuh.

Secara empiris, rimpang temu mangga secara tradisional dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan perut, nyeri dada, demam, maag, dan perawatan post partum. Temu mangga berkhasiat sebagai penurun panas (antipiretik), penangkal racun (antitoksik), pencahar (laksatif), dan antioksidan.Khasiat lainnya untuk mengatasi kanker, sakit perut, mengecilkan rahim setelah melahirkan, mengurangi lemak perut, menambah nafsu makan, menguatkan syahwat, gatal-gatal pada vagina, gatal-gatal (pruritis), luka, sesak napas (asma), radang saluran napas (bronkitis), demam, kembung, dan masuk angin.

Sahabat ini tanaman yang sangat mudah kita dapat di sekitar kita, jika sudah tau manfaatnya kenapa kita tida gunakan sebaik mungkin sahabat untuk menjaga daya tahan tubuh kita agar kita selalu fit, dengan kondisi yang sekarang sedang melanda semua negara yaitu COVID-19, makan kita yang harus sangat berhati-hati dan jaga kesehatan kita sahabat,yang paling utaman jangan berhenti berdo”a memita pertolongan allah swt.

Ok sahabat semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membaut kita lebih tahu akan jenis tanaman herbal yang sangat berkhasiat.

Assalamuallaikum wr…wb….

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Tanya aja! klik disini